PIKNIK KE MALANG BERSAMA FOTOGRAFER DAN DISBUDPAR JATIM #DAY2

[PART I]

Setelah menghabiskan waktu untuk mengeksplore Pantai Lenggoksono di hari pertama bersama 50 lebih fotografer, Om Yuyung Abdi, dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim. Perjalanan di hari kedua pun di lanjutkan dengan mengeksplore Pantai Bolu-Bolu, Pantai Banyu Anjlok, Air Terjun Coban Ciblungan dan Air Terjun Tumpak Sewu yang masih dalam kawasan Kabupaten Malang.

Day 2 : Home Stay Desa Lenggoksono – Pantai Bolu Bolu – Pantai Banyu Anjlok

short video menuju pantai bolu-bolu

Sebelum fajar menyapa dengan sinar paginya yang hangat, kami sudah harus bersiap-siap untuk bersegera berkumpul di Pantai Lenggoksono. Dengan kondisi tubuh yang masih capek dan ngantuk, kami harus bersemangat karena tempat yang kami explore di hari kedua ini lebih ciamik dari sebelumnya.

Yap, sesampainya kami di Pantai Lenggoksono yang letaknya tidak jauh dari home stay yang kami singgahi untuk menginap semalam, beberapa perahu nelayan setempat sudah berjajar rapi untuk mengantarkan kami semua menuju ke Pantai Bolu Bolu. “Loh kok naik perahu? Kan ombaknya gede? Ntar kalo kecemplung gimana?” itulah beberapa pertanyaan yang sempat singgah dalam pikiran saya. Namun ternyata gaes, untuk menuju ke Pantai Bolu Bolu ini memang harus melalui jalur laut dengan menggunakan transportasi perahu nelayan yang kecil dan hanya diisi maksimal 7-10 orang.

Ane kasih sedikit info ya gaes, Pantai Bolu Bolu ini terletak di Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, Jawa Timur dan masih dalam satu area dengan Pantai Lenggoksono. Pantai ini adalah satu dari tiga pantai di kawasan Pantai Bowele, yaitu Pantai Lenggoksono – Banyu Anjlok – Bolu Bolu. Untuk menuju pantai Bolu – Bolu ini bisa di akses dengan menyewa perahu yang disewakan oleh nelayan setempat dari Pantai Lenggoksono seperti yang sebelumnya ane ceritain gaes. Untuk biaya sewanya sendiri kalian akan dikenakan tarif 50ribu/orang untuk perjalanan pulang pergi. Di pantai ini sudah ada beberapa warung dan kamar mandi kecil dari penduduk sekitar untuk pengunjung, spot untuk camping disini juga lebih aman. Selain menikmati keindahan pantai Bolu bolu ini, di sini kalian juga bisa melakukan kegiatan snorkeling dan menikmati keindahan terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang ada di dalam laut dengan menyewa peralatan snorkeling dan life jacket hanya dengan harga 25ribu saja. Dengan perahu nelayang yang kalian sewa sebelumnya, kalian akan di antar ke area snorkeling di tengah laut yang memiliki kedalaman lebih dari 7 meter. Dan kalian bisa bersnorkeling sepuasnya karena tidak di batasi waktu oleh pengelola.

***
Nah kembali lagi nih gaes di perjalanan ane bersama kawan-kawan peserta lomba foto dan panitia. Setelah kurang lebih menempuh perjalanan laut dengan perahu 30 menit, akhirnya sampailah kita di Pantai Bolu Bolu. Pemandangan indah dengan air lautnya yang jernih, bebatuan besar di tepi pantai, dan tebing-tebing tinggi yang menghijau makin melengkapi keindahan pantai ini.

tak ambil waktu lama setelah perahu kami berlabuh, kami langsung saja turun dan segera menyiapkan peralatan tempur kami untuk mengejar moment sunrise yang harus segera kami jepret sebelum sang fajar semakin meninggi. Dalam dunia fotografi, mengejar moment moment yang epic itu adalah waktu yang paling berharga untuk mendapatkan potret landscape yang penuh cerita dan makna. Perlu pengorbanan dan perjuangan juga untuk mengabadikannya. “Yaahhh tapi lebih sulit mengejar moment agar bisa terus bersama kamu sih,,iya kamu,,” eyaakk malah curhat hahaha :p

sekitar 1 jam an lebih kami di sini, langsung panitia memanggil kami semua untuk segera kembali ke perahu dan melajutkan perjalan ke Pantai Banyu Anjlok.

Dari Pantai Bolu Bolu ke Pantai Banyu Anjlok cukup dekat kok gaes, hanya sekitar 15menitan kamipun langsung sampai di Pantai Banyu Anjlok. Namun sebelumnya dalam perjalanan laut kami menuju tujuan selalu mendapatkan suguhan keindahan dari kebesaran kekuasaan Allah SWT yang telah menciptakan alam dengan segala keindahannya.

Lain cerita dengan di Pantai Bolu Bolu, sebelum mendekati tepi Pantai Banyu Anjlok ini ternyata ada sedikit kesulitan karena ombak makin siang makin meninggi. Namun dengan keahlian dari para nelayan perahu, kami pun dengan mudah di sandarkan hingga tepi pantai.

Pantai Banyu Anjlok ini memiliki keunikan loh gaes, karena di pantai ini memiliki sebuah air terjun yang berada dekat dengan teluk Kletak’an dan merupakan satu-satunya air terjun di Malang yang terletak berdampingan dengan pantai. Air Terjun Banyu Anjlok ini berasal dari sumber yang ada di atas bukit dan mengaliri tebingnya dengan ketinggian 7 meter. Nah gaes, jika kalian meniki batuan ke puncak air terjun, anda bisa menemukan cekungan lebar berisi air tawan yang bisa digunakan untuk berendam ataupun berenang. Suasana di pantai ini juga terbilang sangat tenang, sejuk dan bersih. Di bawah air terjun juga terdapat sebuah gua kecil yang bisa anda masuki dengan menerobos air terjun.

***

Kawan-kawan fotografer langsung aja mengambil posisi untuk persiapan memotret, fokus utama dari mereka langsung tertuju ke air terjun tersebut. Namun tak sedikit pula yang mengambil view dari spot lain yaitu dengan naik ke atas air terjun atau memotret sisi lain dari Pantai Banyu Anjlok ini.
Ada kejadian seru nih gaes, pas waktu teman-teman fotografer lainnya serius dengan kameranya, tanpa di sadari ombak besar dari belakang mereka hampir datang. Sontak saja ane yang memang sedang santai dan sejenak berhenti memotret langsung berteriak memberi peringatan kepada teman-teman lainnya. Jelas saya mereka langsung kaget dengan memegang erat kameranya dan adapula yang berlari menepi ke depat bebatuan. Eh lah ternyata ada yang lupa dengan tas nya, langsung aja ane angkat tuh tas yang hampir aja basah kuyup keterjang ombak. Fyuuhh leganya...

Setelah beberapa lama memotret cekrak cekrik, entah itu yang motret landscape atau yang berfoto narsis kayak ane enih hahaha langsung aja kita diajak kembali ke Pantai Lenggoksono untuk sarapan. “iyeesss...sarapan. Saking seriusnya dengan keindahan pantai dan serius denga kamera sampe lupa kalo dari tadi perut udah konser ajah di dalem wkwkwkw “

Untuk perjalan pulang agak sulit gaes, ombak makin siang makin gede aja. Sontak membuat bapak-bapak perahu harus mengumpulkan strategi dan tenaga untuk melayarkan perahunya supaya bisa berlayar di lautan. Susah yang kami rasakan juga, sambil bingung melindungi diri dengan memakai life jacket dan bingun gimana caranya biar nih kamera kagak kecemplung ataupun basah kena deburan ombak yang besar. Hanya doa yang bisa ane lakukan agar berangkat dengan mudah dan selamat sampai tujuan. “Bayangin aja deh lu, ombak segede itu melawan perahu kecil yang kerja keras agar bisa ketengah laut..beehh susahnya minta ampun”

Akhirnya butuh beberpa menit untuk bisa berlayar mulus di lautan. Jasa bapak perahu memang tak bisa dilupakan. Hal seperti tadi terjadi lagi saat hendak mendekati Pantai Lenggoksono, namun dengan keahlian dan kekuatan ekstra power bapak perahu akhirnya kita bisa menginjakkan kaki di pasir Pantai Lenggoksono dan bersiap untuk mengisi tenaga dengan sarapan pagi dari ibu-ibu warung sekitar pantai.

Setelah selesai makan, ternyata rencana untuk ke Pantai Wedi Awu di batalkan dan di gantikan dengan bonus pergi ke air terjun Coban Ciblungan dan Air Terjun Tumpak Sewu. Namun sebelumnya kami kembali ke home stay untuk membersihkan diri dan mempersiapkan untuk melanjutkan perjalanan ke destinasi terakhir dan kembali ke hotel Ollino Garden.

***PANTAI BOLU-BOLU***

***PANTAI BANYU ANJLOK***

Nurul alfiana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.