MANCING DI WADUK GAJAH MUNGKUR, WONOGIRI


Jalan – jalan kali ini gaes, ane mau ngenalin tempat-tempat keren yang ada di desa tempat ayah ku lahir. Yap, Wonogiri. Di Wonogiri ini ternyata banyak banget loh destinasi super pecahhh yang pastinya bakal disukai para traveller. Mulai dari pantai, air terjun, tempat wisata dan masih banyak lainnya gaes.
Singkat cerita, hari terkahir mudik di Wonogiri ini ane kepengeeenn banget pergi ke salah satu tempat yang lagi ngehits banget nih di Instagram. Namanya, Bukit Gantole atau biasanya juga lebih sering dikenal dengan nama Bukit Menara Filter. Sayangnya, harapan untuk kesana pupus sudah dikarenakan waktu yang terbatas untuk arus balik ke Surabaya.
Pada akhirnya ane mutusin untuk sebentar singgah di tempat pemancingan yang berada di Waduk Gajah Mungkur. Menurut wikipedia, Waduk Gajah Mungkur adalah sebuah waduk yang terletak 3 km di selatan Kota kabupaten WonogiriProvinsi Jawa Tengah. Perairan danau buatan ini dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun1978. Waduk dengan wilayah seluas kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah SukoharjoKlatenKaranganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt. Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat. Bendungan Serbaguna Waduk Gajah Mungkur juga merupakan tempat rekreasi yang sangat indah. Di sini tersedia kapal boat untuk mengelilingi perairan, juga sebagai tempat memancing.






Pemandangan di area pancing Waduk Gajah Mungkur ini juga cukup menarik. Luasnya danau dari air waduk berpadu ciamik dengan kontrasnya langit biru dan bukit bukit tinggi yang berjajar apik, makin membuat eksotis tempat ini. Semilir angir juga nikmat dirasakan sembari duduk-duduk dibawah pohon sambil memancing atau hanya bersenda gurau bersama keluarga. Disini juga terdapat beberapa penjual ikan bakar yang siap memanjakan isi perut para pengunjungnya. Jika hanya singgah sebentar tanpa perlu makan-makan berat, kalian juga bisa mencoba camilan “Pentol Bakar” alias “Baso Bakar”. Dari sini juga bisa mendapat view pemandangan puncak bukit gantole.
Mungkin mudik tahun depan, ane bisa explore lebih banyak tempat-tempat keren yang ada di Wonogiri ini.










Nurul alfiana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. wah ini bisa sekalian bawa kail,, hehe suka mancing soalnya :)

    ini rekomendasi buat kamu yang ingin berlibur ke Dieng Plateau :)
    Paket Wisata Dieng

    BalasHapus